Silaturrahim KPU Kulon Progo ke KPU Bantul dan KPU Sleman

Silaturrahim KPU Kulon Progo ke KPU Bantul dan KPU Sleman

 

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulonprogo melakukan kunjungan silaturahim ke KPU Kabupaten Penyelenggara Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2015. Kunjungan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 28 Juli 2015 ke KPU Kabupaten Bantul dan KPU Kabupaten Sleman. KPU Kabupaten Bantul dan KPU Kabupaten Sleman merupakan dua dari tiga KPU Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 9 Desember 2015 nanti.

Silaturahim ini merupakan wujud kepedulian sesama penyelenggara pemilu yang akan menyelenggarakan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 9 Desember 2015 serta sebagai sarana pembelajaran KPU Kabupaten Kulonprogo yang akan menyelenggarakan pemilihan serupa pada bulan Pebruari Tahun 2017.

Kunjungan silaturahim dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Kulonprogo, Muh. Isnaini, STP dan didampingi dua orang anggota yaitu Panggih Widodo, S.Si dan Tri Mulatsih, S.Pd, M.A. Di KPU Kabupaten Bantul rombongan diterima oleh ketua dan anggota KPU Kabupaten Bantul. Ketua KPU Kabupaten Bantul, Mohammad Johan Komara, SIP, mengatakan, “ Pendaftaran pasangan calon sampai saat ini baru ada satu pasangan calon yaitu Hj. Sri Suryawidati dan Misbakhul Munir yang dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasdem”.

Lebih lanjut Johan menjelaskan bahwa KPU Kabupaten Bantul terus melakukan komunikasi intensif dengan partai-partai di Kabupaten Bantul agar ada pasangan calon lain yang ikut mendaftar. “ Sekitar pukul 14.00 nanti rencana ada lagi pasangan calon yang akan mendaftar, sehingga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bantul tidak perlu di tunda,” pungkasnya.

Sementara itu, di KPU Kabupaten Sleman, kunjungan diterima oleh ketua dan anggota KPU Kabupaten Sleman yang sedang mempersiapkan penerimaan pendaftaran pasangan calon. Anggota KPU Kabupaten Kulonprogo, Panggih Widodo mengungkapkan, “Pembelajaran dengan cara melihat langsung prosesnya akan lebih efektif dan mudah memahami daripada hanya mendengar cerita maupun membaca prosesnya. Mengamati langsung sebuah proses dapat memahami situasi dan kondisi bahkan dapat menemukan kelebihan dan kekurangan mekanisme yang terjadi.”

Tidak berselang lama setelah rombongan KPU Kabupaten Kulonprogo tiba, ada satu pasangan calon yang mendaftar yaitu Sri Purnomo dan Sri Muslimatun yang diusung PAN, PKB, Partai Golkar, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat. Pasangan calon ini menyusul pasangan calon yang sehari sebelumnya mendaftar yaitu Yuni Satya Rahayu dan Danang Wicaksana Sulistya yang diusung PDIP dan Partai Gerindra. Dua pasangan calon tersebut akan ikut meramaikan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara serentak pada 9 Desember 2015, bersama dengan pasangan calon lain di daerah yang menyelenggarakan pemilukada pada tahun ini di seluruh Indonesia.