e-Monev Triwulan ke II

e-Monev Triwulan ke II

 

Seperti halnya instansi pemerintah yang berkecimpung dalam bidang pelayanan masyarakat, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo-pun masih “berdenyut” menunjukkan eksistensinya. Meskipun waktu menunjukan tinggal beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, tak mengendurkan semangat untuk bekerja menyelesaikan tugas dan kewajiban pada bagian masing-masing.

Kegiatan dalam minggu kedua bulan Juli 2015 di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo adalah adalah penyelesaian e- Monev untuk Triwulan kedua sesuai PP No 39 Tahun 2006 dan PMK No 249 / PMK.02 /2011. Penerapan Monitoring dan Evaluasi berbasis teknologi internet (e-Monev) dimaksudkan untuk menghasilkan laporan yang lebih efektif dan berkualitas.

Pelaksanaan PP Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Recana Pembangunan pada sebuah instansi, khususnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo  adalah usaha untuk melaksanakan sistem manajemen secara menyeluruh. Menurut Kepala Sub-Bagian Program dan Data KPU Kabupaten Kulon Progo, Agus Subagyo, SIP, “kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dimaksudkan untuk menghimpun informasi tentang capaian kinerja sebuah lembaga”. Ketersediaan informasi capaian kinerja yang lengkap dan akurat dapat dijadikan input untuk pengawasan program berjalan, juga bisa dijadikan umpan balik bagi perencanaan selanjutnya, jelas beliau.

Realisasi Anggran pada triwulan kedua untuk KPU Kabupaten Kulon Progo mencapai 37,80 % dari Pagu Anggaran Rp. 1.466.941.000,-. Sedangkan untuk capaian kinerjanya mencapai 50% dari target awal. Untuk capaian kinerja Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas teknis lainnya belum sesuai target, karena ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana. Sedangkan untuk Program Penguatan Kelembagaan Demokrasi dan Perbaikan Proses Politik pada aplikasi berstatus “merah”. Hal ini dikarenakan hampir semua kegiatan untuk program ini belum terlaksana.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Status “kuning dan “merah” pada dua program di KPU Kabupaten Kulon Progo terjadi karena beberapa kegiatan yang belum terlaksana. Belum terlaksananya kegiatan tersebut lebih dikarenakan pada jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut yang memang direncanakan akan banyak direalisasikan pada triwulan ketiga.