Mencetak “Wartawan KPU” yang Handal

Mencetak “Wartawan KPU” yang Handal

 

KPU Kabupaten Kulonprogo kembali menggelar rapat koordinasi ( rakor ) pengelolaan data dan informasi publik. Rakor yang dipimpin ketua KPU Kulonprogo, Muh Isnaini STP, berlangsung  Selasa lalu ( 4/8/2015 ) di pendopo kantor KPU Kulonprogo diikuti oleh semua komisioner, pejabat dan staf sekretariat.

 

Rakor  membahas  SK KPU No 87 tahun 2015 tentang Struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi serta SK KPU No 88 tahun 2015 tentang Standar Operasional Prosedur Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan KPU. Disamping itu, juga  diisi materi pelatihan penulisan berita dengan narasumber Marwanto S.Sos, ketua Divisi Perencanaan Data Informasi Organisasi dan SDM KPU Kulonprogo.

 

Menurut Marwanto, UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, berkonsekuensi mewajibkan lembaga publik menyediakan informasi terkait kegiatan yang dilakukan. “Hal ini mengharuskan hadirnya wartawan (penulis berita) handal di sebuah instansi, termasuk KPU. Tujuannnya, agar kegiatan tahapan maupun non-tahapan pemilu dapat diinformasikan dengan baik ke masyarakat”, ungkap anggota KPU Kulonprogo yang pernah aktif di pers mahasiswa tersebut.

 

Lebih lanjut Marwanto menyampaikan teknik-teknik penulisan straight news, termasuk di dalamnya mengenai dasar-dasar penulisan berita, unsur-unsur berita, cara membuat judul berita yang menarik, anatomi tubuh berita dengan piramida terbalik dan kode etik jurnalistik.

 

Marwanto juga mengungkapkan, hadirnya media online sebagai wahana  menyampaikan informasi telah  mengubah tren dan pola penulisan jurnalistik. “Penulisan berita di media online cenderung lebih ringkas, bahasa lugas, dan acapkali dijumpai penggunaan istilah yang belum baku tapi sudah dipahami publik”, tegasnya.