KPU Kenalkan Demokrasi Pada Siswa

KPU Kenalkan Demokrasi Pada Siswa

 

Mengawali tahun pelajaran 2015-2016, sejumlah sekolah menyelenggarakan Masa Orientasi Siswa (MOS). Sebagaimana tahun sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Kulonprogo kembali mendapat jadwal untuk memberikan materi pada salah satu sesi di kegiatan MOS. Materi yang disampaikan KPU Kulonprogo berkaitan dengan kehidupan berdemokrasi dan pemilu.

Pelibatan KPU Kulonprogo untuk memberikan materi pada kegiatan MOS di sejumlah sekolah menengah sudah dimulai sejak tahun 2012. Gagasan awalnya muncul saat audiensi KPU Kulonprogo dengan Bupati Kulonprogo pada Januari 2012. Implementasi dari gagasan tersebut hingga kini telah menjadi agenda rutin setiap awal tahun pelajaran baru.

“Jumlah sekolah yang menjadi sasaran tidak sama untuk tiap tahunnya. Sekolah yang tahun kemarin sudah mendapat materi dari KPU, tahun ini tidak. Hal ini mengingat SDM yang ada di KPU Kulonprogo, tidak mungkin dalam sehari atau dua hari mengisi 56 SMA yang ada di Kulonprogo”, kata Marwanto S.Sos, komisioner KPU Kulonprogo, usai mengisi MOS di SMA Negeri 1 Girimulyo (28/7/15).

Sementara komisioner KPU Kulonprogo lainnya, Tri Mulatsih MA, mengaku bangga bahwa para siswa masih menaruh respek pada demokrasi dan pemilu. “Para siswa sangat antusias sekali ketika diajak berdiskusi tentang demokrasi, politik dan pemilu”, kata Tri Mulatsih MA usai mengisi MOS di SMK Negeri 1 Nanggulan (29/7/15).

Pihak sekolah pun menyambut positif dengan masuknya materi demokrasi di kegiatan MOS.  Menurut Drs. Hendra Miftah Suada (Wakasek Urusan Kesiswaan SMA Negeri 1 Girimulyo), materi yang disampaikan KPU sangat membantu siswa memahami demokrasi dan pemilu, sehinnga nantinya ketika siswa telah memasuki usia yang diperbolehkan untuk aktif dalam kancah pemilu, dia sudah memiliki “sense of  belonging” ( rasa memiliki ) terhadap pemilu dan demokrasi.

Sementara Drs H. Rumawal M.M. ( Kepala SMK Negeri 1 Nanggulan) mengatakan pola pendidikan saat ini lebih menekankan pada pendidikan karakter. Salah satu karakter yang hendak ditanamkan pada diri siswa adalah perilaku demokratis. Hal itu perlu ditanamkan sejak dini pada diri siswa, sehingga kelak kehidupan demokrasi di negeri ini akan menjadi lebih baik.

Pada kesempatan memberikan materi di kegiatan MOS tersebut, KPU Kulonprogo juga membagikan cinderamata berupa “Buku Profil Anggota DPRD Kabupaten Kulonprogo” dan “Buku Hasil Pemilu 2014” kepada siswa peserta MOS.