Pahamkan Pemilih Pemula, KKN UIN Sunan Kalijaga Gandeng KPU Kulon Progo

Pahamkan Pemilih Pemula, KKN UIN Sunan Kalijaga Gandeng KPU Kulon Progo

 

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang sedang menempuh program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menggandeng KPU Kulon Progo dalam acara Pendidikan Pemilih Pemula untuk siswa kelas XII  pada Senin, 10 Agustus 2015 di SMA N I Galur Kulon Progo.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga yang berlokasi di Desa Tirtorahayu terhadap generasi muda pada umumnya dan pemilih pemula khususnya. Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang direncanakan serentak se- Kabupaten Kulon Progo pada September 2015 nanti, sangat diperlukan pemahaman  tentang kepemiluan dari para pemilih pemula.

Seperti yang diungkapkan oleh Tri Mulatsih, MA, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Hubungan Partisipasi Masyrakat KPU Kabupaten Kulon Progo bahwa pemilih pemula selayaknya diorientasikan ke ranah ideologis atau idealis, sebab nantinya kebiasaan mempertahankan prinsip kediriannya akan membawa dampak positif bagi keberlangsungan lumbung generasi muda yang tangguh.

“Siswa kelas XII yang dapat dikategorikan sebagai pemilih pemula perlu memahami sistem politik dan demokrasi di Indonesia. Diharapkan dengan pemahaman tersebut para siswa nantinya akan menjadi pemilih cerdas,dan dapat mengapresiasikan pemahaman ini dalam pilkades september nanti, serta pemilu yang akan datang,” ujar Sumarno, ketua mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga.

Secara teknis, apa dan bagaimana penyelenggaraan pemilu disampaikan oleh Panggih Widodo, S.Si, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kulon Progo. “Untuk menjadi pemilih cerdas, ada beberapa hal yang harus kita pahami, yaitu: idealisme diri, pengetahuan tentang tahapan pemilu, memastikan terdaftar sebagai pemilih, mengenal peserta pemilu,” terang Panggih. (Tth)