Evaluasi LAKIP

Evaluasi LAKIP

 

KPU Daerah Istimewa Yogyakarta gelar Evaluasi Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), pada Jumat (11/9) lalu. Acara yang dilaksanakan dengan format “full day” ini dihadiri oleh perwakilan Komisioner, Sekretaris, Pejabat Program dan Data se- KPU DIY. Kegiatan yang menghadirkan Tim Penilai dari Inspektorat Sekretariat Jenderal KPU ini bertempat di Lantai II, KPU DIY.

Dalam kesempatan membuka acara, Komisioner KPU DIY, Guno Tri Tjahyoko, mengatakan bahwa evaluasi kinerja instansi pemerintah sangat penting untuk dilakukan karena dapat digunakan untuk mengetahui sampai sejauhmana keberhasilan suatu lembaga dalam melaksanakan program-program kegiatannya. “Khusus untuk lembaga KPU, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai tolok ukur kinerja sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang mandiri, profesional dan akuntabel,” tambah Guno.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Inspektorat Sekretariat Jenderal KPU, Doddy Eka Marfindra, menyampaikan tujuan kegiatan evaluasi LAKIP ini adalah mengidentifikasi beragai kelemahan penerapan LAKIP di lingkungan instansi pemerintah, memberikan rekomendasi perbaikan kinerja instansi pemerintah, memberikan pemeringkatan hasil evaluasi LAKIP guna kepentingan kebijakan di bidang pendayagunaan aparatur negara.

Doddy juga menambahkan bahwa kondisi LAKIP di KPU se-DIY belum mencantumkan rencana strategis tahun 2010-2014, belum menyusun indikator kerja secara smart, belum terdapat analisis capaian kinerja.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris KPU DIY, Ir. Retno Setjowati, M.Si, menyampaikan kaitannya dengan pembuatan rencana strategis tiap satker di wilayah KPU DIY. “Memang  selama ini belum ada surat edaran resmi dari KPU RI untuk membuat renstra tersebut. Dan dalam pelaksanaan kinerja, KPU DIY dan KPU Kabupaten/Kota yang berada di wilayahnya diintruksikan untuk mengacu pada renstra yang diterbitkan oleh KPU RI,” tutur Retno.(Tut)