Peran Lembaga Penyiaran dalam Pemilu

Peran Lembaga Penyiaran dalam Pemilu

 

Peran lembaga penyiaran sangatlah penting dan strategis  dalam penyelenggaraan pemilu. Hal tersebut disampaikan Muh Isnaini, Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, pada acara media gathering KPU Kabupaten Kulon Progo dengan Radio Komunitas dan Radio Komersil (30/9).

Acara yang bertempat di Pendopo KPU Kabupaten Kulon Progo ini dihadiri oleh komisioner, jajaran pejabat sekretariat KPU Kulon Progo, juga segenap radio komunitas dan komersil yang ada di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Pada pembukaan acara ini, Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini,  menyampaikan bahwa pada tahun ini tepatnya 09 Desember nanti ada beberapa kabupaten di wilayah DIY yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah, yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul. Tentunya ketiga kabupaten tersebut pada saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan sosialisasi kepada masyarakatnya terkait tentang pemilihan.

Terlepas dari itu KPU Kabupaten Kulon Progo yang tidak melaksanakan pemilihan, tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya dengan sosialisasi kepada masyarakat tentang serba-serbi kepemiluan.

Radio sebagai bagian dari lembaga penyiaran memiliki peran yang penting untuk ikut mensukseskan pelaksanaan pemilihan. “Diharapkan jalinan kerjasama yang erat  antara radio dan KPU dalam mensosialisasikan program-program KPU”,  ujar Tri Mulatsih, MA, anggota KPU Kabupaten Kulon Progo.

Tri Mulatsih menambahkan dalam kegiatan yang terkait dengan sosialisasi dan pendidikan pemilih, radio sangat dibutuhkan sebagai mitra kerjasama dari penyelenggara pemilu untuk membantu program-program sosialisasi dan pendidikan pemilih di masyarakat.

“Radio, selain juga memiliki peran penyebar informasi , juga melakukan pemberitaan yang seimbang mengenai peserta pemilihan, juga memberikan kesempatan yang sama kepada peserta pemilu untuk bersosialisasi melalui lembaga penyiaran“, imbuh Tri.

Pihak radio menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada KPU seputar pelaksanaan pemilihan tahun 2017 nanti, sehingga memberi warna dan menghangatkan suasana media gathering kali ini.(Tut)