Rakor Penyusunan Renstra 2015-2019

Rakor Penyusunan Renstra 2015-2019

 

Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Kulonprogo menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka penyusunan Rencana Strategis ( Renstra ) Tahun 2015-2019, Jumat ( 30-10-2015 ), bertempat di pendopo kantor KPU Kulonprogo. Rapat yang diikuti semua komisioner, pejabat sekretariat serta  staf dari subag program dan data.

Ketua KPU Kulonprogo, Muh Isnaini STP, MM, dalam sambutan pembukaan rakor menyatakan, “Penyusunan Renstra KPU Kabupaten kali ini adalah yang pertama dalam sejarah perjalanan lembaga KPU, karena sebelumnya Renstra hanya disusun di tingkat pusat, yakni oleh KPU RI”, tandasnya.

Sebagai dokumen perencanaan, Renstra KPU Kabupaten berpedoman Renstra KPU RI tahun 2015-2019. Secara umum, Renstra memuat Pendahuluan ( memuat kondisi umum dan potensi serta permasalahan ), Visi Misi dan Tujuan Organisasi, Arah Kebijakan Strategi dan Kerangka Kelembagaan, serta Target Kinerja dan Kerangka Pendanaan.

Ketua Divisi Perencanaan Data Informasi Organisasi dan SDM KPU Kulonprogo, Marwanto S.Sos, menyatakan idealnya penyusunan Renstra dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan kajian kondisi umum kelembagaan, kemudian maping potensi dan permasalahan dengan analisa SWOT. Dari situlah baru bisa ditentukan arah kebijakan dan program lima tahun ke depan. “Alur proses tersebut tidak cukup dilakukan dalam sekali rakor, jadi rakor kali ini baru tahap awal untuk menyusun Renstra yang lebih komprehensif”, tegasnya.

Hasil dari rakor Renstra tersebut menjadi bahan presentasi dalam Rakor Renstra yang dilakukan oleh KPU DIY, awal November 2015.