KPU Gelar Pendidikan Pemilih untuk Pemilih Pemula

KPU Gelar Pendidikan Pemilih untuk Pemilih Pemula

 

Bertempat di Pendopo KPU Kabupaten Kulon progo, selama 3 hari dimulai sejak tanggal 15 sampai dengan 17 Desember 2015, KPU Kabupaten Kulon Progo menggelar Pendidikan Pemilih untuk Pemilih Pemula tingkat SMA/SMK se- Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA,MA,SMK negeri dan swasta  se-Kabupaten Kulon Progo sengaja dilaksanakan pada pertengahan Bulan Desember, dengan alasan pada waktu tersebut  pihak sekolahan telah selesai melaksanakan Ujian Akhir Semester, sehingga diharapkan sekolah dapat mengirimkan peserta secara maksimal untuk mengikuti kegiatan ini.

Dalam kesempatan membuka  kegiatan Pendidikan Pemilih, Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini, STP menyampaikan bahwa kaum pemilih pemula khususnya di KPU Kabupaten Kulon Progo masih rendah tingkat  partisipasinya dalam kegiatan Pemilu, khususnya pada Pemilu 2014 kemarin. Untuk itu perlu kiranya KPU Kabupaten Kulon Progo mengenalkan apa itu pemilu kepada pemilih pemula.

Sementara itu, Tri Mulatsih, MA Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Kabupaten Kulon Progo menjelaskan alasan mengapa kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 hari, karena tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah pengenalan Pemilu kepada pemilih pemula setingkat SMA, MA, dan SMK. Jika kegiatan dilaksanakan dalam satu kali kegiatan atau dalam satu kelas besar dimunginkan siswa-siswi tersebut kurang memperhatikan materi yang disampaikan. Untuk itu kegiatan dibagi dalam tiga hari agar para siswa bisa mengenal lebih mendalam segala hal yang berkaitan dengan pemilu, khususnya Pemilos (Pemilihan OSIS). “Pembagian pesertanya, untuk hari pertama diikuti siswa-siswi tingkat SMA/MA, hari kedua dan ketiga siswa SMK negeri dan swasta”, imbuh Tri Mulatsih.

Sedangkan untuk materi disampaikan oleh Ketua, Anggota dan Sekretaris  KPU Kabupaten Kulon Progo dengan mengambil tema Pemilu dan Demokrasi serta Tahapan Pemilu khususnya Pemilos. Diharapkan dengan penyampaian materi tersebut, para pemilih pemula akan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang Pemilu serta pengetahuan tentang tahapan pemilu yang nantinya bisa diaplikasikan dalam kegiatan Pemilihan OSIS.(Tut)