KPU LAKUKAN PENGOSONGAN KOTAK SUARA

KPU LAKUKAN PENGOSONGAN KOTAK SUARA

 

Sehubungan dengan terbitnya Surat Edaran KPU Nomor 471/KPU/VIII/2015,tanggal 11 Agustus 2015, perihal Pengosongan Kotak Suara Pemilu 2014 di tingkat KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP Kabupaten/Kota, maka KPU Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan pengosongan Kotak Suara Pemilu 2014. Adapun jumlah kotak suara yang dikosongkan sejumlah 1000 kotak. Kegiatan ini direncanakan berlangsung antara tanggal 14 – 19 Desember 2015.

Budi Priyana,S.Pt, Ketua Divisi Umum, Logistik, Keuangan dan Rumah Tangga KPU kabupaten Kulon Progo menjelaskan bahwa kegatan ini merupakan tindak lanjut dari diundangkannya PKPU Nomor 13 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Perlengkapan Pemungutan Pemilihan Umum Anggota Dewan PerwakilanRakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Mengacu pasal 31 PKPU nomor 13 Tahun 2015, logistik yang dikeluarkan dari kotak suara tetap disimpan dan dimasukkan dalam kantong plastik, serta diberi tanda/label”, imbuh Budi disela-sela mengawasi kegiatan pengosongan kotak suara di halaman KPU Kabupaten Kulon Progo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini, S.TP menyampaikan tentang status logistik yang telah dikeluarkan dari kotak suara yang berupa surat suara masih memiliki masa aktif selama 1 (satu) tahun dan in aktif selama 1 tahun. Sedangkan untuk Formulir model C1 dan lampirannya, formulir model D1, Da1, DB1, DC1 dan lampirannya  memiliki masa aktif selama 3 (tiga) tahun dan in aktif selama 2 (dua) tahun.

Sedangkan menurut Sekretaris KPU Kabupaten Kulon Progo, Widi Purnama, SIP, M.Si, kegiatan ini baru bisa dilaksanakan di akhir tahun, dikarenakan anggaran yang tersedia untuk kegiatan ini pada awalnya tidak tercantum dalam DIPA KPU, sehingga harus direvisi dengan optimalisasi dari kegiatan lain.(15/12/2015)