KPU Kulonprogo Paparkan Renja 2016

KPU Kulonprogo Paparkan Renja 2016

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menyelenggarakan Rapat  Penyusunan Renja KPU DIY dan KPU Kabupaten/Kota se-DIY Tahun 2016, di ruang rapat lantai 2 kantor KPU DIY pada Selasa (22/9/2015). Rapat yang diikuti semua komisioner KPU DIY, komisioner KPU Kabupaten/Kota se-DIY yang membidangi Divisi Perencanaan, Data-Informasi, SDM dan Organisasi, serta jajaran sekretariat KPU DIY dan KPU Kabupaten/Kota berlangsung dari pagi hingga sore.

Dalam sambutan pembukaan rapat, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan SIP. MA menegaskan pentingnya perencanaan bagi sebuah lembaga. “Diperlukan perencanaan yang matang, dengan kegiatan-kegiatan yang inovatif. Meski selama ini lembaga kita lebih top-down dalam hal perencanaan, namun kegiatan yang dilakukan KPU RI seringkali mengadopsi kegiatan yang telah dilakukan di KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota. Jadi jangan pernah berhenti untuk melakukan inovasi kegiatan”, jelas Hamdan.

Dalam rapat  tersebut, KPU DIY dan lima KPU Kabupaten/Kota se-DIY menyampaikan pemaparan Renja 2016. Untuk Kabupaten Kulonprogo, paparan Renja 2016 disampaikan oleh  Marwanto S.Sos ( Ketua Divisi Perencanaan, Data-Informasi, SDM dan Organisasi) . Menurutnya, selain mengacu pada Renstra KPU RI, pembuatan Renja KPU Kulonprogo juga memerhatikan bahwa tahun 2016 Kulonprogo akan menyelenggarakan Pilkada.

“Untuk kegiatan rutin, hampir sama dengan tahun lalu. Namun untuk program Penguatan Kelembagaan Demokrasi  Dan Perbaikan Proses Politik, kami harus sinkronkan dengan RAB Pilkada yang sudah kami buat, agar tidak terjadi overlapping penganggaran. Mengingat di program inilah terbuka peluang inovasi kegiatan, misalnya terkait pendidikan pemilih, tapi kami juga harus lihat karena di RAB Pilkada juga telah kami anggarkan berbagai kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih”, jelas Marwanto.

Setelah pemaparan Renja oleh KPU DIY dan masing-masing Kabupaten/Kota, tahap berikutnya adalah pencermatan Renja di Kabupaten untuk disesuaikan kegiatan yang ada di KPU Provinsi DIY. Diharapkan, ada sinkronisasi kegiatan antara KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota. Hasil pencermatan tersebut rencananya akan dibahas dalam Rakor Renja di KPU DIY pada awal bulan depan.