Pameran Kepemiluan sebagai “Pusat Pendidikan Pemilih” di Yogyakarta

Pameran Kepemiluan sebagai “Pusat Pendidikan Pemilih” di Yogyakarta

 

Sesuai dengan Program Kerja Nasional sebagaimana diamanatkan dalam RPJMN, Bappenas memproyeksikan KPU di seluruh Indonesia memiliki Pusat Pendidikan Pemilih  pada Pemilu 2019. Terkait hal tersebut, dimulai pada Tahun Anggaran 2015, KPU ditargetkan untuk membentuk Pusat Pendidikan Pemilih di 9 provinsi dan 18 kabupaten/kota sebagai program percontohan. Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta,  yang melaksanakan program tersebut adalah KPU DIY, KPU Kabupaten Gunungkidul dan KPU Kabupaten Sleman.

Dalam rangka pembentukan Pusat Pendidikan Pemilih tersebut, KPU DIY mengadakan Pameran Kepemiluan selama dua hari yaitu Selasa-Rabu tanggal 10 dan 11 November 2015 di halaman Kantor KPU daerah Istimewa Yogyakarta.

Yang menarik dalam pameran ini, pengunjung dapat mengetahui secara detail kronologis sejarah kepemiluan di Indonesia mulai tahun 1955 sampai dengan sekarang yang dilengkapi dengan foto-foto dokumentasi kegiatan kepemiluan. Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, MA, dalam launching pameran pusat pendidikan pemilih tersebut mengatakan, ‘’pameran ini adalah embrio untuk nantinya akan dikembangkan menjadi Pusat Pendidikan Pemilih di DI Yogyakarta’’.

Pengunjung terlihat sangat antusias dengan adanya pameran itu, karena mereka dapat membaca bagaimana sejarah pemilu di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Dalam kesempatan itu juga ditampilkan miniatur TPS yang dibuat oleh KPU Kabupaten Gunungkidul dan permainan Ulartangga Pemilu, sebagai metode sosialisasi yang dibuat oleh KPU Kabupaten Sleman.

Kedua Kabupaten tersebut juga ikut serta dalam program percontohan Pusat Pendidikan Pemilih. Selain itu di stand pameran juga disediakan dua unit komputer dimana pengunjung yang berasal dari Kabupaten Bantul, Sleman dan Gunungkidul dapat mengecek namanya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang diselnenggarakan oleh ketiga kabupaten tersebut.

Secara keseluruhan, pameran kepemiluan tersebut berlangsung lancar dan banyak sekali ilmu kepemiluan yang diperoleh oleh pengunjung .(TM)