RAPAT KERJA PENYELESAIAN SENGKETA DI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA OLEH KPU PROV DIY

RAPAT KERJA PENYELESAIAN SENGKETA DI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA OLEH KPU PROV DIY

 

Pada hari Jumat (28/08/2015), bertempat di Ruang Rapat Lantai II KPU DIY diadakan Rapat Kerja Penyelesaian Sengketa di Pengadilan Tata Usaha Negara. Hal ini untuk menghadapi kemungkinan gugatan sengketa tata usaha negara dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Acara dihadiri oleh unsur KPU DIY, Bawaslu DIY dan KPU Kabupaten/Kota se DIY. Bertindak sebagai narasumber adalah Novi Dewi Cahyati, S.Si., S.H., M.H, Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Yogyakarta,yang menjelaskan UU Nomor 51 Tahun 2009 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara dan UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Admisitrasi Pemerintahan. Selanjutnya, Nur Syarifah, S.H., LLM, Kepala Biro Hukum Sekjen KPU RI, memaparkan potensi gugatan dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, pelaksana tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dapat cermat dan berhati-hati. (pw)