Penyusunan RUP Jelang PILKADA

Penyusunan RUP Jelang PILKADA

 

Menyongsong persiapan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017, KPU Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya adalah Rakor Perencanaan Pengadaan Barang dan Jasa kebutuhan pemilihan. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Januari 2016 bertempat di Pendopo KPU Kabupaten Kulon Progo dan dihadiri oleh semua jajaran komisioner serta segenap pejabat serta staf sekretariat KPU Kabupaten Kulon Progo.

Widi Purnama, SIP,M.Si Sekretaris KPU Kabupaten Kulon Progo dalam kesempatan membuka acara tersebut menyampaikan bahwa pengadaan barang dan jasa merupakan hal pokok dalam pelaksanaan pemilihan, oleh karena itu harus direncanakan secara matang, tepat dan benar, khususnya mengenai jenis, waktu dan anggaran.

Sigit Purwadi, SH selaku Pejabat Pembuat Komitmen juga menyampaikan bahwa dalam sistem pengadaan barang dan jasa, Pengguna Anggaran memiliki tugas dan kewenangan untuk menetapkan Rencana Umum Pengadaan  dan mengumumkan secara luas rencana pengadaan minimal di website instansinya.

“Pengumuman rencana pengadaan barang / jasa ini dimaksudkan agar pihak dunia usaha mengetahui secara jelas pengadaan barang / jasa yang akan dilaksanakan oleh suatu instansi, dalam hal ini oleh KPU Kabupaten Kulon Progo”, imbuh Sigit.

Dalam rakor ini masing-masing divisi di KPU Kabupaten Kulon Progo menyampaikan rencana kebutuhan pengadaan barang/ jasa, khususnya untuk keperluan pemilihan bupati dan wakil bupati. Divisi Hukum menyampaikan rencana kebutuhan pengadaan Penasehat Hukum, kampanye, audit dana kampanye, Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih  menyampaikan rencana kebutuhan bahan sosialisasi seperti leafleat, brosur, contoh surat suara,baliho. Kebutuhan tentang Mutarlih disampaikan dari Divisi Teknis Penyelenggaraan. Sedangkan untuk kebutuhan logistik seperti surat suara, tinta, segel, sampul dan perlengkapan di PPK, PPS, serta KPPS disampaikan oleh Divisi Umum Logistik Keuangan dan Rumah Tangga.

Rencana pengadaan kebutuhan tersebut disampaikan secara  umum dan global sedangkan untuk perinciannya digodog oleh sekretariat dan akan diumumkan diwebsite KPU Kabupaten Kulon Progo.(Yas)