Penyusunan Pedoman Teknis Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih

Penyusunan Pedoman Teknis Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih

 

Rabu 30/04/2016, bertempat di Pendopo KPU Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan rapat Penyusunan Pedoman Teknis Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017. Rapat dihadiri oleh seluruh Komisioner beserta jajaran pejabat sekretariat dan staf  sub bagian hukum KPU Kabupaten Kulon Progo.

Selaku anggota komisioner yang membidangi Daftar Pemilih, Panggih Widodo memaparkan draft pedoman teknis pemutakhiran data dan daftar pemilih. “Alur data pemilih ini diperoleh dari penerimaan DP4 dari pemerintah untuk selanjutnya akan dianalisis dan disinkronisasi oleh KPU RI, setelah itu KPU RI menyampaikan data pemilih yang sudah disinkronisasi ke KPU Kabupaten melalui KPU Provinsi untuk dimutakhirkan”, terang Panggih.

Panggih juga meminta masukan dan saran terkait dengan proses penyusunan juknis tersebut. Farid Bambang Siswantoro, komisioner KPU DIY, yang hadir sebagai undangan, menyampaikan perlunya pemakaian istilah yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan ejaan EYD, sehingga lebih mempermudah persamaan persepsi dalam mempelajari juknis yang saat ini sedang disusun.

Tri Mulatsih, Kepala Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Kulon Progo menambahkan agar pedoman teknis mengenai pemutakhiran data dan daftar pemilih diharapkan dapat segera disusun dan disahkan sebagai payung hukum untuk proses pembuatan daftar pemilih di Kabupaten Kulon Progo, sehingga dapat segera disosialisasikan kepada PPK, PPS dan Pantarlih sebagai Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan khususnya dalam pembuatan daftar Pemilih. (Prast)