CALON PERSEORANGAN BISA MULAI MENCARI DUKUNGAN KTP

CALON PERSEORANGAN BISA MULAI MENCARI DUKUNGAN KTP

 

Pada hari Minggu, 22 Mei 2016 bertempat di Pendopo KPU Kabupaten Kulon Progo yang dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kulon Progo, Ketua KPU DIY dan Bawaslu DIY telah dilaksanakan rapat pleno untuk melakukan Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu/Pemilihan terakhir sebagai dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017 Kabupaten Kulon Progo. Kesimpulan dalam rapat pleno tersebut adalah:

  1. Menetapkan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebagaimana dalam Keputusan KPU Nomor 477/Kpts/KPU/2014 sebesar 335.897 pemilih sebagai dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan bakal pasangan calon perseorangan;
  2. Menetapkan persentase dukungan bakal pasangan calon Perseorangan adalah 8.5 %. Karena jumlah penduduk Kulon Progo lebih dari 250,000 dan kurang dari 500.000;
  3. Menetapkan jumlah minimum syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan adalah 8,5% x 335.897 pemilih = 28.551,245 dibulatkan menjadi 28.552 dukungan yang minimal harus tersebar dilebih dari 50% dari jumlah kecamatan di Kabupaten Kulon Progo, yaitu 7 Kecamatan.

Usai rapat Pleno, Muh Isnaini menyampaikan bahwa hasil rapat pleno tersebut dituangkan dalam Keputusan KPU Kabupaten Kulon Progo dan isi dari keputusan tersebut akan disosialisaikan kepada media massa, baik cetak maupun elektronik dan akan ditampilkan di laman KPU Kabupaten Kulon progo.

Selain itu Tri Mulatsih, selaku ketua Divisi Sosialisasi KPU Kulon Progo menambahkan, KPU juga akan melakukan sosialisasi kepada stakeholder dan pihak-pihak lain terkait dengan  keputusan tersebut, diantaranya terkait dengan:

  1. Mekanisme dan jadwal pelaksanaan tahapan penyerahan dukungan pemilih dan penelitian dukungan bakal pasangan Calon Perseorangan,
  2. Penggunaan Sistem Informasi pencalonan (SILON) dalam Pemilihan, dan
  3. Format Exel untuk Formulir B.1 KWK Perseorangan (Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati) beserta tata cara pengisiannya.