Sukseskan Pilkada, KPU Kulonprogo Rangkul Media Massa

Sukseskan Pilkada, KPU Kulonprogo Rangkul Media Massa

 

Sukses Pilkada Serentak 2017 tak bisa lepas dari peran media massa, terutama dalam menyebarluaskan informasi tahapan penyelenggaraan Pilkada. Dalam rangka  itulah, mulai awal bulan Juni 2016 KPU Kulonprogo mengintensifkan audiensi dengan jajaran media massa cetak di DIY.

Audiensi pertama dilakukan dengan jajaran redaksi Harian Kedaulatan Rakyat (Jumat, 3/6), di Jalan Mangkubumi Yogyakarta.  Komisioner KPU Kulonprogo, Marwanto S.Sos M.Si dan Tri Mulatsih S.Pd MA diterima oleh Pemimpin Redaksi Kedaulatan Rakyat Drs. Octo Lampito M.Pd dan Wapemred Drs. Ahmad Luthfi MA. Dalam kesempatan tersebut, Marwanto menyatakan sukses Pilkada Serentak 2017 tak bisa lepas dari peran media massa.

“Pemberitaan Pilkada di koran akan menjadi salah satu referensi bagi masyarakat. Begitu juga dengan partisipasi masyarakat di setiap tahapan Pilkada, bisa didorong salah satunya dengan berita di koran”, tegas Marwanto.

Sementara audiensi kedua dengan Harian Radar Jogja (Kamis, 9/6), yang diterima Manajer Iklan harian tersebut, Syukron Arif Mutaqim.  Dalam kesempatan tersebut, Tri Mulatsih menyatakan ada beberapa klausul di revisi UU Pilkada yang menguntungkan media massa, diantaranya kampanye dapat didanai oleh pasangan calon atau partai politik.  “Klausul ini tentu membuka peluang bagi media massa untuk menerima  iklan kampanye dari pasangan calon”, jelas Tri.

Diharapkan, baik pemberitaan maupun iklan pasangan calon yang dimuat media massa cetak, dalam rangka mendidik warga untuk menjadi pemilih cerdas.