KPU KULONPROGO KOORDINASI DENGAN CAMAT DAN KADES

KPU KULONPROGO KOORDINASI DENGAN CAMAT DAN KADES

 

Dalam rangka persiapan pembentukan PPK dan PPS, KPU Kabupaten Kulopnprogo mengadakan rapat koordinasi dengan Camat dan Kepala Desa (Kades) Se-Kulonprogo. Rapat yang difasilitas Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Kulonprogo tersebut diselenggarakan di Aula Adikarta Komplek Pemda (Kamis,  16/6) dihadiri oleh Seluruh komisioner dan sekretaris KPU Kabupaten Kulonprogo, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Kepala BKD, Panwas Kabupaten, Camat dan Kades.

Pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Arif Sudarmanto SH, mengatakan penyelenggaraan Pilkada merupakan hajatan Pemkab Kulonprogo, sehingga diharapkan seluruh jajaran Pemkab, termasuk pemerintah kecamatan dan desa, diharapkan ikut mensukseskan sesuai tupoksinya. Sedangkan Kabag Administrasi Pemerintahan Umum Heriyanto, sesuai Undang-undang tentang penyelenggara pemilu, untuk kelancaran penyelenggaraan pelaksanaan pemilu Pemkab  wajib memberikan bantuan dan fasilitasi

Sementara Marwanto S.Sos M.Si, komisioner KPU Kabupaten Kulonprogo divisi Perencanaan Data Informasi SDM dan Organisasi mengatakan pemerintah kecamatan dan desa diharapkan turut membantu dalam tahap pembentukan PPK dan PPS. “Pada praktiknya pendaftaran PPK dilaksanakan di kecamatan, sementara pendafatran PPS dilaksanakan di kantor desa, padahal kami tidak memiliki hubungan vertikal dengan keduanya. Maka dengan rapat koordinasi seperti ini diharapkan bisa menjadi jembatan untuk kami, KPU Kulonprogo, berkomunikasi dengan pihak kecamatan dan desa”, jelas Marwanto.

Dalam rapat koordinasi tersebut KPU Kulonprogo juga membagikan poster berupa sosialisasi pembentukan PPK dan PPS yang dibagikan kepada camat dan kepala desa yang hadir.