Calon Anggota PPK : 227 Pendaftar

Calon Anggota PPK : 227 Pendaftar

 

Pendaftaran Calon Anggota PPK yang telah terlaksana tanggal 22-24 Juni memeroleh sambutan masyarakat yang tinggi dengan indikator banyaknya jumlah peserta yang mendaftar untuk menjadi panitia adhoc. Dengan waktu pendaftaran yang relatif singkat tersebut, jumlah pendaftar berjumlah 227 orang yang tersebar di 12 kecamatan se Kabupaten Kulon Progo.  Selanjutnya KPU Kulon Progo akan melakukan penelitian administrasi kelengkapan persyaratan calon anggota PPK dan mengumumkan pendaftar yang lulus seleksi administrasi pada 27 Juni mendatang. Peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti seleksi tertulis yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 29 Juni 2016 di kecamatan masing masing.

Peserta yang lulus seleksi administrasi dan seleksi tertulis nantinya akan diumumkan di tempat yang mudah diakses publik dengan tujuan ada tanggapan dari masyarakat terhadap calon tersebut. Marwanto, M.Si selaku Komisioner yang membidangi perekrutan PPK menyampaikan bahwa materi untuk seleksi tertulis meliputi Undang Undang tentang Pemilihan yaitu Undang Undang Nomor 1 tahun 2015 sebagaimana diubah menjadi Undang Undang Nomor 8 Tahun 2015 dan  Peraturan KPU Tahun 2015 dan 2016 tentang Pemilihan.

Secara lebih rinci disampaikan bahwa materi tertulis tersebut memedomani pasal 28 Peraturan KPU Nomor 3 tentang Tata Kerja, diantaranya pengetahuan tentang tugas, wewenang dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan pasangan calon perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara. Sejarah dan pengetahuan kepemiluan serta pengetahuan lokal kewilayahan juga hal yang harus dikuasai oleh calon anggota PPK.

Dengan banyaknya jumlah pendaftar tersebut, diharapkan melalui seleksi administrasi dan seleksi wawancara akan lahir anggota PPK yang memiliki integritas, independensi dan profesionalisme yang tinggi sehingga mampu menjadi penyelenggara yang baik untuk kesuksesan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo tahun 2017.