Penandatanganan MOU Riset Oleh KPU Kulon Progo Dengan UPN Veteran Yogyakarta

Penandatanganan MOU Riset Oleh KPU Kulon Progo Dengan UPN Veteran Yogyakarta

 

Kamis, 9 Juli 2015 Komisi Pemilihan Umun Kabupaten  Kulon Progo menendatanagani Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Universitas Pembanguna Nasional “Veteran” Yogyakarta dalam pelaksanaan Riset Partisipasi Pemilih di Kabupaten Kulon Progo. Penandatanganan dilakukan oleh ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini STP dengan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip UPN Veteran Yogyakarta  Dr. Subhan Afifi, M.Si di Kampus UPN Veteran, Jalan Babarsari No. 2, Tambak Bayan, Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini Dr. Afifi mengatakan bahwa Riset Partisipasi ini penting kaitannya dengan memetakan persoalan yang ada dilapangan yang menyebabkan pemilih tidak hadir di TPS, sehingga perlu adanya data ilmiah yang bisa menjadi pijakan KPU Kabupaten Kulon Progo untuk menentukan kebijakan dimasa yang akan datang guna menaikkan tingkat partisipasi pemilih di TPS,  khususnya  menjelang pelaksanaan Pilkada 2017.

Riset partisipasi masyarakat ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dan akan mengambil sampling di tiga desa yang mewakili karakteristik Kabupaten Kulon Progo. Ketiga desa tersebut yakni Desa Wates, Kecamatan Wates, mewakili masyarakat perkotaan, Desa Bugel, Kecamatan Panjatan yang mewakili wilayah pantai dan Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo yang mewakili wilayah pegunungan.
Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini STP dalam kesempatan kali ini mengatakan bahwa tujuan penelitian adalah untuk menemukan akar masalah atas persoalan-persoalan yang terkait dengan kehadiran dan ketidakhadiran pemilih. Isnaini juga berharap dari hasil analisis data akan bisa  dirumuskan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan kehadiran pemilih di TPS. Output lainnya dari penelitian ini adalah akan diperoleh metode atau strategi pendidikan pemilih yang tepat untuk meningkatkan partisipasi pemilih.