RAKOR PEMBENTUKAN SEKRETARIAT PPK

RAKOR PEMBENTUKAN SEKRETARIAT PPK

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) terkait  pembentukan sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Rakor yang dilaksanakan Rabu (13/7) di pendopo KPU Kulonprogo tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Kulonprogo Arif Sudarmanto SH, Camat Se-Kulonprogo, ketua PPK se-Kulonprogo, dan seluruh komisioner KPU Kulonprogo besrta jajaran sekretariat.

Dalam kesempatan tersebut, Arif Sudarmanto SH menegaskan bahwa Pemkab Kulonprogo berkomitmen mendukung KPU Kulonprogo dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017 sesuai tupoksi yang telah ditentukan di undang-undang. Ia juga menghimbau kepada jajarannya, yakni pemerintah kecamatan dan pemerintah desa, agar memfasilitasi kesekretariatan PPK dan PPS.

Sementara Marwanto S.Sos M.Si, komisioner KPU Kulonprogo Divisi Perencanaan Data Informasi SDM dan Organisasi mengatakan pembentukan kesekretariatan di PPK dan PPS memang agak beda dengan Pemilu/Pilkada yang lalu, terutama terkait jumlah personil yang diusulkan. “Sesuai PKPU No 3 tahun 2015, PPK melalui KPU Kabupaten mengusulkan tiga nama calon sekretaris PPK dan empat calon staf sekretariat PPK kepada bupati untuk selanjutnya dipilih dan ditetapkan dengan keputusan bupati. Sedangkan untuk personalia kesekretariatan PPS, langsung ditetapkan oleh kepala desa”, tegasnya.

Keberadaan personalia sekretariat PPK mendesak bersamaan telah dilantiknya anggota PPK se-Kulonprogo pada Selasa (12/7) lalu.