Menyongsong Pemutakhiran Data Pemilih

Menyongsong Pemutakhiran Data Pemilih

 

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo 2017 segera akan memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih. Dalam rangka menyongsong tahapan pemutakhiran data pemilih tersebut, Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Kulonprogo menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan rapat koordinasi pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Bimtek telah digelar pada  Jumat (5/8) bertempat di gedung Binangun komplek Pemda Kulonprogo diikuti oleh semua anggota PPK se-Kulonprogo, dengan menghadirkan narasumber Tri Mulatsih S.Pd MA (Hak Pilih dalam Pemilihan), Panggih Widodo S.Si (Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih), Marwanto S.Sos M.Si (Manajemen Pemutakhiran Daftar Pemilih), Prakoso Witjaksono SH (Pengenalan Sidalih) dan Tamyus Rahman S.HI (Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih).

Selain bimtek, KPU Kulonprogo juga telah mengadakan rapat koordinasi (rakor) tentang pemutakhiran daftar pemilih dengan PPK. Rakor tersebut dilaksanakan pada Jumat (12/8) bertempat di pendopo KPU Kulonprogo. Rakor yang diikuti oleh semua komisioner KPU Kulonprogo, operator Sidalih, dan ketua serta anggota PPK yang membidangi pemutakhiran daftar pemilih.

Dalam rakor tersebut dibahas beberapa hal, diantaranya pemetaan awal tentang tempat pemungutan suara (TPS), rencana rekrutmen petugas pemutakiran data pemilih (PPDP), rencana pelaksanaan bimtek pemutakhiran data pemilih kepada PPS, dan informasi terkini seputar pemutakhiran daftar pemilih.