KIP DIY Kunjungi PPID KPU Kulon Progo

KIP DIY Kunjungi PPID KPU Kulon Progo

 

Komisi Informasi Provinsi DIY melakukan kunjungan (visitasi)  ke PPID KPU Kabupaten Kulon Progo, pada Selasa (6/9) di Kantor KPU Kulon Progo Jln KH Wahid Hasyim Bendungan Wates. Visitasi tersebut dilakukan dalam rangka melakukan verifikasi lapangan terhadap program KIP terkait pemeringkatan PPID badan publik di DIY.

Hadir dalam kunjungan tersebut wakil ketua KIP DIY, Dewi Amanatun Suryani SIP MAP, bersama sekretaris KIP DIY  Drs I Made Arjana Gumbara dan staf sekretariat Bayu Desanto Trisnajati . Mereka diterima komisioner KPU Kulon Progo bersama Kasubag dan staf.

Dalam kesempatan tersebut Dewi Amanatun menanyakan perihal beberapa SOP terkait pengelolaan dan pelayanan informasi di KPU Kulonprogo. Selain itu juga diklarifikasi  tentang pengecualian informasi yang ada di lingkungan KPU Kulon Progo.

Marwanto S.Sos M.Si, komisioner KPU Kulonprogo Divisi Perencanaan dan Data menjelaskan dalam pengelolaan informasi, KPU Kulon Progo sudah mengacu SOP diatur dalam surat KPU No 88 tahun 2015 tentang Standar Operasional Prosedur Pengelolaan dan Pelayanan Informasi di lingkungan KPU.

Terkait pengecualian informasi publik, KPU Kulon progo, sebagaimana KPU Kabupaten/Kota atau KPU Provinsi lainnya mengacu  pada ketentuan KPU RI, bahwa mekanisme pengecualian terhadap sebuah data/informasi dilakukan melalui uji konsekuensi yang dilakukan oleh KPU RI.

Sementara pejabat pengelola informasi dan dokumentasi KPU Kulon Progo, Kholil Ar-Rahman SIP menambahkan  dalam menunjang pelayanan informasi di lingkungan KPU Kulon Progo, selain telah menyediakan ruangan khusus PPID, juga didukung akses informasi dunia maya, yakni melalui web (laman) dengan alamat http://www.kpu-kulonprogokab.go.id  dan memiliki domain lewat e-PPID di laman KPU RI.