Kunjungan Biro Perencanaan KPU RI

Kunjungan Biro Perencanaan KPU RI

 

Kamis, 15 September 2016, KPU Kulonprogo menerima kunjungan dari Sekretariat Jenderal KPU RI dalam hal ini Biro Perencanaan dan Data, terkait Pengumpulan Data Laporan Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017.

Rombongan dari Biro Perencanaan dan Data KPU RI tersebut diterima komisioner KPU Kabupaten Kulonprogo, Marwanto S.Sos M.Si, didampingi Kasubag Keuangan dan Umum, Kasubag Program dan Data serta Kasubag Teknis-Hupmas di pendopo KPU Kulonprogo.

Vien Elenete, Kepala Sub Bagian pada Biro Perencanaan dan Data KPU RI  menegaskan bahwa tujuan dari kedatangannya beserta rombongan adalah untuk mengawal proses tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017, khususnya pembentukan badan adhoc. “PPK dan PPS merupakan badan adhoc yang sangat penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pemilihan.Oleh karena itu pembentukannya-pun harus benar-benar melalui mekanisme yang sudah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan”, jelas Vien.

Sedangkan Marwanto, menjelaskan bahwa KPU Kulonprogo sudah selesai melaksanakan tahapan pembentukan badan adhoc, terutama PPK dan PPS,  pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017. Adanya aturan yang membatasi keanggotaan PPK dan PPS tidak boleh lebih dari 2 periode awalnya memang menjadi kendala dalam hal rekrutmen PPS. Namun dengan kerja sama dengan pemangku kepentingan yang ada, akhirnya kendala tersebut dapat dicarikan solusi.