Bimtek Pengelolaan Keuangan

Bimtek Pengelolaan Keuangan

 

Sukses pelaksanaan Pilkada dapat dilihat dari berbagai aspek, diantaranya aspek proses dan hasil. Salah satu aspek proses yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan keuangan. “Pengelolaan keuangan tak kalah pentignya untuk menciptakan Pilakda yang akuntabel. Untuk itu perlu sinergitas antara ketua dan anggota PPK dengan jajaran sekretariat. Begitu juga di tignkat PPS”.

Hal itu ditegaskan Marwanto S.Sos M.Si saat membuka acara Bimtek Pengelolaan Keuangan Pemilihan Bupati  dan Wakil Bupati Kulonprogo 2017 bagi panitia ad-hoc (PPK dan PPS) di Balai Desa Karangsari Pengasih, Senin (26/9). Lebih jauh Marwanto menegaskan jika diibaratkan sebuah rumah tangga, ketua dan anggota PPK itu ibarat suami, sedangkan jajaran sekretariat adalah seorang isteri.

“Antara suami dan isteri perlu saling memahami dan menyamakan persepsi dalam mengelola kegiatan. Meski suami tahu sebuah kegiatan anggarannya berapa, tapi ia tidak berhak menggunakan, karena itu ranahnya isteri. Begitu juga sebaliknya, meski isteri pegang uang, tapi penggunaannya harus sepengetahuan suami”, tegas Marwanto.

Bimtek Pengelolaan Keuangan dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Bupati  dan Wakil Bupati Kulonprogo 2017 bagi panitia ad-hoc (PPK dan PPS) tersebut dilakukan dalam tiga gelombang dengan narasumber Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) KPU Kabupaten Kulonprogo Sigit Purwadi SH dan Bendahara KPU  Kabupaten Kulonprogo Endah Dwi Artini SE.