Supervisi Coklit Daftar Pemilih

Supervisi Coklit Daftar Pemilih

 

KPU Kabupaten Kulonprogo melaksanakan monitoring dan supervisi coklit daftar pemilih yang  sedang dilakukan oleh petugas pemutakhiran daftar pemilih (PPDP). Supervisi yang dimulai pertengahan September  direncanakan akan berlangsung sampai awal Oktober, dengan mendatangi rumah warga secara acak.

Hasil monitoring dan supervisi oleh Tri Mulatsih S.Pd MA di Temon dan Wates tanggal 19 dan 20 September menunjukkan  ada PPDP yang sudah jalan mendatangi rumah warga, tapi ada yang belum. “Yang sudah jalan biasanya PPDP-nya bukan pamong, kalau pamong (misal pak Dukuh), banyak yang belum, karena dengan alasan banyak pekerjaan”, ungkap Mulatsih.

Sementara monitoring dan supervisi oleh  Panggih Budi Priyana S.Pt di Panjatan tanggal 26 September menunjukkan sebagian besar PPDP sudah melakukan coklit. “Namun demikian di beberapa rumah belum terpasangan stiker”, terang Budi.

Monitoring dan supervisi oleh R. Panggih Widodo S.Si di Kalibawang dan Samigaluh juga menunjukkan hal yang beragam. “Sebagian PPDP sudah jalan. Tapi ada yang belum, dan mereka sepertinya akan mengambil di last-minute. Saya sudah instruksikan ke PPS dan PPK agar terus mendampingi PPDP untuk tidak mengambil di waktu akhir ketika coklit, karena bisa mengakibatkan hasilnya kurang maksimal”, jelas Panggih.

Demikian juga monitoring dan supervisi yang dilakukan Marwanto S.Sos M.Si di Lendah dan Galur. Di beberapa dusun PPDP sudah jalan. “Bahkan seluruh PPDP di Desa Gulurejo akan berkumpul selasa malam (27/9) untuk menyerahkan hasil coklit. Namun di beberapa rumah di Dusun Ngipik stiker coklit belum terpasang. Kami akan terus lakukan pantauan terutama bagi wilayah yang PPDP belum jalan atau belum selesai melakukan coklit”, tegas Marwanto.