Jerih Payah PPID Terbayarkan

Jerih Payah PPID Terbayarkan

 

Kemudahan akses publik dalam mendapatkan informasi merupakan salah satu bentuk pelayanan dari setiap instansi pemerintah, hal ini mendorong terciptanya pemerintahan yang bersih dan transparan. Atas dasar tersebut, setiap instansi mempunyai bagian dalam penyampaian informasi, salah satunya di KPU Kabupaten Kulon Progo melalui PPID yang pada hari Rabu (28/09/2016) berhasil mendapat penghargaan peringkat tiga dari Komisi Informasi daerah Istimewa Yogyakarta, untuk kategori instansi vertikal.

Acara Penganugrahan  Keterbukaan Informasi Publik Badan Publik se-DIY yang diselenggarakan di Hotel Harper Yogyakarta, juga bertepatan dengan hari hak untuk tahu sedunia. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Komisioner Komisi Informasi DIY, perwakilan instansi terkait, dan bebrapa perwakilan instansi yang masuk dalam kategori penghargaan dari KI DIY. Penilaian dilakukan meliputi self assesmen berupa penyebaran kuisioner kepada semua badan publik, kemudian tim penilai mengecek website masing-masing badan publik, setelah itu, tim mengecek lapangan untuk memastikan apa yang sudah terisi dalam kuisioner dengan kenyataan dilapangan.

Penghargaan diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, dengan adanya penghargaan tersebut, menjadi semangat buat KPU Kabupaten Kulon Progo dalam memberikan yang terbaik untuk pelayanan informasi publik sesuai mekanisme peraturan yang berlaku. “Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim, dan tanpa adanya mereka apalah arti dari penghargaan ini”, imbuhnya.