Tim Monitoring Kemendagri Kunjungi KPU Kulonprogo

Tim Monitoring Kemendagri Kunjungi KPU Kulonprogo

 

Sabtu siang (5/11), kantor KPU Kabupaten Kulonprogo kedatangan tamu dari Tim Monitoring Pilkada Direktorat Jendral Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam kunjungan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, Dr. Haryadi (anggota Tim Monitoring Pilkada yang sehari-hari pengajar di Departemen Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unair Surabaya) diterima oleh komisioner KPU Kulonprogo.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memastikan fasilitas Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemendagri, berlangsung efektif. Disamping itu, tim ingin melakukan pemetaan potensi konflik serta langkah antisipatif terhadap dinamika politik dan keamanan.

“Dari pandangan Pusat, Kulonprogo termasuk yang relatif aman, namun tetap tidak boleh lengah”, kata Dr Haryadi.

Sementara Ketua KPU Kulonprogo, Muh Isnaini, STP. MM, mengatakan sejumlah potensi yang dapat menimbulkan masalah sudah dipetakan oleh pihaknya dan sudah ada beberapa alternatif solusi, termasuk jika ada warga terdampak proyek bandara yang melakukan relokasi. Sampai saat ini KPU Kulonprogo masih menunggu kepastian jumlah warga yang masuk kategori relokasi mandiri. Mereka ini yang  mungkin pindah tempat tinggal sebelum pelaksanaan hari pemungutan suara.