Menyelamatkan Suara Pemilih Pemula

Menyelamatkan Suara Pemilih Pemula

 

Upaya membuat  daftar pemilih yang valid  terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Kulonprogo. Termasuk rapat koordinasi yang dilakukan pada Selasa siang sampai sore kemarin (8/11),  antara KPU Kulonprogo, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kulonprogo serta Panwas Kabupaten Kulonprogo.

Rakor yang digelar di pendopo kantor KPU Kulonprogo tersebut dalam rangka menindaklanjuti surat Kementrian Dalam Negeri No. 471.13./11691/DUKCAPIL hal Format Surat Keterangan Telah Terdata Dalam Databese Kependudukan Kabupaten/Kota. Surat terserbut bertujuan untuk menyelamatkan pemilih pemula, agar tetap bisa menggunakan hak suaranya di Pilkada 2017.

Nantinya, Dinas Dukcapil akan menerbitkan Surat Keterangan Telah Terdata Dalam Databese Kependudukan bagi calon pemilih pemula yang setelah tanggal 6 Desember 2016 sampai dengan 15 Februari 2017 berusia 17 tahun, sehingga pemilih dimaksud dapat masuk dalam DPT.

Meskipun surat keterangan telah terdata tersebut dimungkinkan dibuat secara kolektif, namun Dinas Dukcapil Kulonprogo akan membuat secara perseorangan. “Akan kami terbitkan surat keterangan telah terdata bagi pemilih pemula tersebut secara perseorangan”, tegas Drs. Djulistyo, Kadinas Dukcapil Kulonprogo dalam rakor tersebut.