FH UNS Studi Klinik ke KPU Kulonprogo

FH UNS Studi Klinik ke KPU Kulonprogo

 

Kamis siang (10/11), KPU Kabupaten Kulonprogo menerima kunjungan dari Fakultas Hukum UNS Solo. Kunjungan bertajuk  “Studi Klinik Hukum Tata Negara: Pilkada Serentak Dalam Perspektif Hukum Tata Negara” yang terdiri para dosen dan mahasiswa tersebut diterima oleh komisioner KPU Kulonprogo.

Suranto SH MH, Kepala Bagian Hukum Tata Negara FH UNS yang juga pimpinan rombongan studi klinik, mengatakan kunjungan studi klinik tersebut dalam rangka melihat dari dekat praktik pelaksanaan Pilkada di Kulonprogo. “Di kampus kami hanya belajar tentang teori perundang-undangan pemilu atau pilkada. Nah di sini kami ingin melihat praktiiknya, dengan segala dinamika yang ada”, tegas Suranto.

Sementara masing-masing komisioner KPU Kulonprogo menyampaikan materi praktik penyelenggaraan Pilkada di Kulonprogo sesuai divisi yang dibidanginya: pencalonan (Muh Isnaini), pemutakhiran daftar pemilih (Panggih Widodo), kelembagaan dan rekrutmen badan adhoc (Marwanto), partisipasi masyarakat (Tri Mulatsih) dan logistik (Budi Priyana).  Acara diakhiri dengan tukar cinderamata.