KPU Koordinasikan Penggantian APK Rusak dengan Tim Kampanye

KPU Koordinasikan Penggantian APK Rusak dengan Tim Kampanye

Pada hari Senin, 21 November 2016, KPU Kulon Progo mengundang Tim Pasangan Calon, Panwaskab Kabupaten Kulon Progo, Satpol PP, Polres Kulon Progo, Kesbanglinmas untuk membahas terkait kerusakan APK yang terjadi di beberapa titik di Kecamatan Galur, Lendah dan Wates.

Ketua KPU, Muh Isnaini menyampaikan bahwa terhadap APK yang rusak, Tim Kampanye dapat mengganti dengan persetujuan KPU sesuai dengan jenis dan ukuran yang sama. Pada kesempatan itu juga disampaikan adanya kemungkinan bagi Tim Kampanye untuk menggeser APK ke tempat yang ada penduduknya sehingga meminimalisir aksi pengrusakan terhadap APK tersebut.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan bahwa Partai Pendukung boleh memasang bendera parpol. Pemasangannya tidak harus di zonasi Kampanye yang telah ditetapkan oleh KPU Kulon Progo, karena bendera tidak termasuk Alat Peraga Kampanye. Pemasangan spanduk hanya perlu memperhatikan ketentuan dalam Peraturan Bupati tentang tata cara Pemasangan Alat peraga Kampanye. Sedangkan untuk mobil branding dan rontek, berdasarkan kesepakatan dan kajian KPU DIY dan Bawaslu DIY dinayatakan bahwa kedua hal tersebut tidak boleh diadakan.