Bentuk KPPS, KPU Rakor dengan Kades dan Camat

Bentuk KPPS, KPU Rakor dengan Kades dan Camat

 

Dalam rangka pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), KPU Kulonprogo mengadakan rapat koordinasi (rakor) dengan camat dan kades/lurah se-Kulonprogo, Selasa (13/12) bertempat di Aula Adikarta Gedung Kaca.

Selain camat dan Kades, rakor tersebut dihadiri  Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kulonprogo Arif Sudarmanto SH, Kasatpol PP Kulonprogo Drs. Duana Heru MM, Kepala Kesbangpol Tri Wahyudi S.IP MM, komisioner KPU Kulonprogo Marwanto S.Sos M.Si, anggota Panwas Kulonprogo Ria Herlinawati SIP dan Yulianto Nugroho dari Bagian Pemerintahan Pemkab Kulonprogo.

Marwanto, komisioner KPU Kulonprogo yang membidangi pembentukan KPPS mengatakan sesuai UU No 10 tahun 2016, pembentukan atau rekrutmen KPPS dilaksanakan dengan mekanisme terbuka. “Mulai tanggal 7 kemarin KPU Kulonprogo telah mengumumkan adanya rekrutmen KPPS. Dan mulai Rabu, 14 Desember, pendafrtaran calon anggota KPPS telah dimulai”, tegas Marwanto.

Sedangkan Kasatpol PP Kulonprogo, Duana Heru mengatakan, kewenangan menunjuk Linmas yang akan ditugaskan di even Pilkada, baik itu yang menjadi petugas ketertiban di TPS, yang ditempatkan di Desa/Kalurahan, di Kecamatan atau di Kabupaten ada pada Kepada Desa / Lurah.

Anggota Panwas Pemilihan Kulonprogo, Ria Herlinawati mengatakan, salah satu konsentrasi pengawasan tahapan Pilkada adalah pembentukan KPPS. “Rekrutmen KPPS harus dilaksanakan sesuai prosedur yang diamanatkan regulasi”, jelasnya.