KPU Kabupaten Alor Berkunjung ke Kulonprogo

KPU Kabupaten Alor Berkunjung ke Kulonprogo

 

Jumat siang (23/12), KPU Kabupaten Kulonprogo menerima kunjungan dari KPU Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT). Kunjungan Oktovianus Manehat S.Sos, komisioner KPU Kabupaten Alor didampingi Jermia ED Luase, SIP (Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Alor) diterima Muh Isnaini STP MM dan Marwanto S.Sos M.Si.

Kunjungan tersebut dalam rangka menimba pengalaman terkait penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017 yang sedang berlangsung di Kulonprogo.  Kabupaten Alor NTT sendiri baru akan melangsungkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak 2018. Namun demikian, dari sekarang mereka telah memulai menyusun anggaran.

“Kami telah merancang anggaran sekitar 29 M, untuk sekitar 150 ribu pemilih. Kalau dibandingkan Kulonprogo anggaran kami lebih besar, padahal secara pemilih lebih banyak di Kulonprogo. Hal ini karena medan atau geografis kami yang sulit dijangkau sehingga transportasi mahal. Kebutuhan barang dan jasa di kami juga mahal,” jelas Oktovianus.

KPU Kabupaten Alor terkesan dengan beberapa praktik penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan di Kulonprogo. Diantaranya telah berhasil melakukan rekrutmen bada ad-hoc secara terbuka, hal yang diakuinya sangat sulit dilakukan di Alor NTT. Kemudian juga terkesan dengan mekanisme sortir dan lipat surat suara serta pengepakan logistik yang melibatkan penyelenggara di tingkat ad-hoc yang terbukti mampu meminimalisir kesalahan pengelolaan logistik pemilu.