Menggungah Peran Pemuda di Pilkada

Menggungah Peran Pemuda di Pilkada

Masih dalam rangkain sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo tahun 2017, KPU Kabupatwen  Kulon Progo melaksanakan Sosilasi kepada pemuda dan mahasiswa di Geung Kaca Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Acara yang dilaksanakan pada Selasa (10/01) dihadiri oleh pemuda dari beberapa organisasi kepemudaan di Kulonprogo, mahasiswa dari tiga Universitas yang ada di Kulonprogo yaitu IKIP PGRI, UNY,UAD.

Muh Isnaini, ketua KPU Kulon Progo dalam sambutannya menyampaikan pemuda memiliki peranan yang sangt krusial dalam suskses penyelenggaraan pemilihan. Oleh karena itu pemuda dan mahasiswa harus mengetahui segala hak dan kewajibannya dalam pemilihan .

Acara yang dipandu Panggih Widodo,S.Si ini mengahdirkan tiga narasumber yaitu Ahmad Anfasul Marom, MA (Komisoner KPU DIY divisi Logistik dan keuangan), Marwanto, M.Si  (Komisioner KPU KulonProgo divisi Data dan Informasi) dan Tamyus Rohman, SHI (Ketua Panwas Kabupaten Kulon Progo)

Anfasul Marom mengangkat tema “menggugah pemuda ber-pilkada”, menyampaikan peran generasi muda sangat berpengaruh dalam Pilkada Kulon progo, akan tetapi banyak diantara mereka yang tidak menggunakan hak pilihnya.”Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi tentang pilkada, merasa suaranya tak berpengaruh, kurang mengenal paslon, pesimis dengan situasi yang ada”, jelas Anfasul.

Kemudian berbagai aspek Pilkada di Kulon Progo mulai dari tahap perencanaan, sosialisasi, pemutakhiran daftar pemilih, pencalonan, kampanye, pemungutan suara sampai penetapan calon terpilih diulas oleh  Komisioner KPU Kulon Progo, Marwanto, M.Si.

Tamyus Rohman, SHI, yang tampil di sesi terakhir menekankan pengawasan sangat diperlukan dalam setiap tahapan pilkada.Potensi pelanggaran selalu muncul dikarenakan adanya multi tafsir terhadap  regulasi. ”Peran pengawasan tidak hanya dilakukan oleh Panitia Pengawas Pemilihan, akan tetapi dari masyarakat termasuk didalamnya pemuda”, ungkap Tamyus.

Acara diakhiri dengan diskusi yang menarik dan dinamis. Hal ini dilihat  dari banyaknya mahasiswa dan pemuda yang sangat antusias menyampaikan pertanyaannya kepada narasumber. Selain itu, juga dibagikan souvenir dari KPU Kulonprogo bagi peserta yang aktif menyampaikan pendapat atau pertanyaan.