Bimtek Terpadu PPK-Panwascam

Bimtek Terpadu PPK-Panwascam

Selama dua hari, Selasa-Rabu (17-18/12), KPU Kabupaten Kulonprogo menyelenggarakan Bimbingan Teknis Terpadu Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017.

Kegiatan Bimtek Terpadub yang berlangsung di Aula Adikarta komplek Pemkab Kulonprogo tersebut diikuti oleh ketua anggota dan sekretaris PPK se-Kulonprogo serta ketua dan anggota Panitia Pengawas Kecamatan se-Kulonprogo.

Secara garis besar ada dua materi yang disampaikan. Pertama, materi yang bersifat teoritis, yang meliputi pengelolaan logistik, pemungutan penghitungan dan rekapitulasi suara, pemungutan suara yang aksesible, transparansi pemungutan suara (Aplikasi Situng), potensi pelanggaran pemungutan suara, kode etik,

Kemudian, materi kedua praktik atau simulasi pemungutan penghitungan dan rekapitulasi suara. Dalam sesi praktik tersebut, peserta berpraktik menjadi petugas KPPS, petugas ketertiban TPS, pengawas TPS, pemantau dan pemilih,  yang melaksanakan pemungutan dan rekapitulasi suara. Juga dilanjutkan praktik rekapitulasi suara.

Bimtek terpadu tersebut bertujuan menyamakan persepsi antar penyelenggara pemilu, baik KPU (beserta jajaran sampai KPPS) maupun Panwas Kabupaten (beserta jajaran sampai pengawas TPS).