Sosialisasi Pilkada Sampai Pedukuhan

Sosialisasi Pilkada Sampai Pedukuhan

Berbagai metode dan bentuk sosialisasi Pilkada telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Kulonprogo, diantaranya dengan penyebaran bahan sosialisasi, iklan layanan masyarakat, running teks di televisi, siaran interaktif di radio sampai sosialisasi dalam bentuk tatap muka.

Khusus untuk sosialisasi dalam bentuk tatap muka, telah dilakukan di tingkat kabupaten maupun kecamatan.  Bahkan mulai 11 Januari lalu, sosialisasi dalam bentuk tatap muka dilakukan sampai di tingkat pedukuhan se Kabupaten Kulonprogo, yakni 933 pedukuhan/RW. Sosialisasi di tingkat pedukuhan atau RW tersebut dilakukan oleh PPS dengan supervisi dan monitoring dari PPK

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kulonprogo, Tri Mulatsih MA mengatakan, sosialsiasi dalam bentuk tatap muka di pedukuhan atau RW sengaja dilakukan berdekatan dengan hari pemungutan suara, dikarenakan beberapa pertimbangan. Pertama, contoh surat suara sudah jadi, sehingga dapat disampaikan saat sosialisasi di pedukuhan. Kedua, PPK dan PPS sudah mendapatkan bimtek pemungutan dan penghitungan suara, sehingga informaasi detil tentang hari H dapat secara maksimal disampaikan pada warga di tingkat grass-root.

Ke depan, KPU Kulonprogo masih akan melakukan satu bentuk sosialsiasi lagi, yakni roodshow di berbagai tempat wisata atau rtempat publik yang notabene banyak pengunjung. Terkait pasar yang juga banyak pengunjung mungkin tidak lagi disasar, karena pada praktiknya tempat tersebut sudah sering disasar oleh Paslon dan timnya.