PPS Lantik KPPS

PPS Lantik KPPS

Sesuai tahapan program dan jadwal Pilkada 2017, pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dimulai  15 November 2016 sampai 14 Januari 2017. Dari rentang tahapan yang disediakan untuk pembentukan KPPS tersebut, KPU Kulonprogo telah berhasil membentuk KPPS untuk 937 TPS yang ada di seluruh Kulonprogo.

Rekrutmen KPPS yang dimulai dengan sosialisasi dan diseminasi informasi pada pertengahan November tersebut, sesuai amanat UU No 10 tahun 2016, bersifat terbuka.  Mekanisme terbuka dalam rekrutmen KPPS tersebut ternyata belum menarik minat  masyarakat untuk mendaftar sebagai KPPS, sehingga di sejumlah desa, PPS yang pro-aktif mendorong warga yang memenuhi syarat agar mau menjadi anggota KPPS.

Sesuai peraturan KPU No 3 tahun 2015, KPPS diangkat dan diberhentikan oleh PPS atas nama ketua KPU. Sehingga, setelah PPS menyelesaikan seluruh tahapan rekrutmen KPPS, mulai dari pengumuman, pendafataran, seleksi, dan menetapkan nama-nama KPPS,  maka  di tahapan terakhir rekrutmen KPPS adalah prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janji.

KPU Kulonprogo memberikan jadwal pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota KPPS pada tanggal 26-31 Januari 2017. Jadwal tersebut ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan.  Pertama, pelantikan dan pengambilan sumpah janji KPPS dibarengkan dengan bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara. Kedua, sejumlah PPK dan PPS sedang malakukan kegiatan sortir dan pelipatan surat suara, sehingga tidak mungkin pelantikan dan sumpah janji KPPS dilaksanakan secara bersamaan.