Situng Yang Cepat Rampung

Situng Yang Cepat Rampung

 

Hasil pemungutan dan penghitungan suara Pilkada  2017 selain dapat diketahui publik melalui mekanisme rekapitulasi secara berjenjang baik di tingkat PPK maupun KPU Kabupaten, juga bisa diikuti di portal KPU.

Melalui aplikasi Sistem Penghitungan (Situng), hasil Pilkada dapat dilihat atau diketahui lebih awal oleh masyarakat. Dalam rangka menunjang kegiatan Situng, maka terhadap formulir C, formulir C-1 dan lampiran formulir C-1  dilakukan pemindaian, kemudian diunggah dan juga isinya dientri.

Meski publikasi Situng bukan hasil resmi yang dijadikan dasar untuk menentukan perolehan suara kontestan Pilkada, namun hal ini diyakini mampu menjawab  keingintahuan masyarakat. Dengan adanya Situng juga menunjukkan aspek transparansi yang dilakukan oleh penyelenggara Pilkada.

Pengerjaan Situng di KPU Kulonprogo termasuk yang cepat selesai jika dibandingkan daerah lain. Hanya beberapa saat setelah subuh tiba, masyarakat sudah bisa mengetahui hasil penghitungan suara Pilkada Kulonprogo di seluruh TPS yang ada.