Pungut-Hitung Berjalan Kondusif

Pungut-Hitung Berjalan Kondusif

 

Proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS Pilkada Kulonprogo 2017 berjalan lancar dan tertib. Pantauan dari awal yang dilakukan oleh tim monitoring KPU Kulonprogo sejak Selasa (14/1) petang menunjukkan tidak adanya gangguan berarti.

Memang di Selasa (14/2) malam, di TPS 1 Jangkaran Temon terkena gangguan alam berupa tiupan angin kencang sehingga mengakibatkan atap TPS rusak. Namun insiden tersebut segera bisa diatasi. Ada juga dinamika tentang pemilih di wilayah Temon, yakni sejumlah warga yang tidak mau menerima surat undangan  (form C-6) dari petugas KPPS.

Di beberapa wilayah, masyarakat begitu antusias menyambut hajat Pilkada. Hal ini misalnya ditunjukkan dengan desai TPS di beberapa tempat yang terkesan unik.  TPS 3 Tegawanu di Sentolo menghias dengan janur lengkap seperti rumah yang sedang hajatan pernikahan. Sementara di TPS 8 Banjaran Girimulyo, semua petugas KPPS diemban oleh perempuan yang mengenakan pakaian kesenian tradisional incling.

Secara umum, proses pemungutan dan penghitungan suara di Pilkada Kulonpropgo berjalan kondusif. Kondusifitas ini diharapkan terus tercipta sampai nanti KPU menetapkan hasil Pilkada 2017.