Rapat Pengundian Nomor Sampling untuk Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik yang Lolos Penelitian Administrasi

Rapat Pengundian Nomor Sampling untuk Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik yang Lolos Penelitian Administrasi

Wates.  KPU Kabupaten Kulon Progo hari ini Senin, tanggal 18 Desember 2017 mengadakan Rapat Pengundian Nomor Sampling untuk Verifikasi Faktual Keanggotaan  Partai Politik yang lolos tahap penelitian administrasi.

Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh. Isnaini mengatakan sesuai dengan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, sampai saat ini Partai Politik yang diverifikasi faktual adalah Partai Politik yang belum diverifikasi faktual pada Pemilu sebelumnya.

Adapun Partai Politik calon peserta Pemilu 2019 yang lolos tahap penelitian administrasi yang telah diumumkan oleh KPU RI tanggal 14 Desember 2017 yaitu Partai Persatuan Indonesia dan Partai Solidaritas Indonesia, pada acara tersebut hadir penghubung kedua partai politik tersebut dan Ketua Panwaslu Kabupaten Kulon Progo.

Teknis pengundian nomor sampling yaitu masing-masing penghubung mengambil 1 (satu) nomor yang berada dalam amplop dari 10 amplop yang disediakan, kemudian amplop yang telah diambil ditandatangani oleh penghubung dan dibubuhi cap partai politik, sedangkan sisa langsung disobek.

Nomor tersebut menjadi awal sampling, dengan dimasukkan ke Sipol untuk diambil sampel anggota, sebanyak 10% dari jumlah anggota yang memenuhi syarat.