Pendidikan Pemilih Bagi Disabilitas

Pendidikan Pemilih Bagi Disabilitas

Wates. KPU Kabupaten Kulon Progo melaksanakan Pendidikan Pemilih bagi Disabilitas pada tanggal 15 Mei 2018 bertempat di Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Kulon Progo. Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo Isnaini menyampaikan bahwa  Disabilitas, sebagai bagian dari pemilih juga memperoleh hak yang sama dalam peran serta terhadap pelaksanaan Pemilu. Kelompok disabilitas perlu diberikan pendampingan dan juga penyadaran supaya mereka sadar akan hak-haknya sebagai pemilih.  Demikian juga bagi penyelenggara pemilu juga perlu diberikan penyadaran supaya dapat mewujudkan azas aksesibilitas dengan memberikan pelayanan yang ramah difabel.

Hadir dalam acara tersebut Camat Lendah sekaligus memeberikan sambutan, beliau menyampaikan ucapan terima kasih karena warga Kecamatan Lendah diberi kesempatan untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut, sehingga harapannya untuk Pemilu 2019 Kecamatan Lendah mencapai tingkat patisispasi yang paling tinggi untuk pemilih disabilitas seperti pada Pemilu atau Pilkada sebelumnya.

Dari kegiatan tersebut KPU Kabupaten Kulon Progo dapat memperoleh data secara pasti jumlah disabilitas di masing-masing desa di Kecamatan Lendah, sehingga diharapkan penyelenggara di tingkat TPS dapat memberikan layanan yang baik sesuai dengan kebutuhan pemilih.