Sosialisasi Tahapan Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS)

Sosialisasi Tahapan Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS)

KPU Kabupaten Kulon Progo menyelenggerakan sosialisasi tahapan DPS untuk Lurah, Dukuh dan tokoh masyarakat pada Selasa, 26 Juni 2018. Narasumber yang dihadirkan adalah dari KPU Kulon Progo, tokoh masyarakat dan pemerintah. Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Umum. Oleh karena itu, pemutakhiran data pemilih menentukan bagi tahapan Pemilu selanjutnya. Mulai dari penentuan jumlah TPS, alokasi logistik, pola sosialisasi Pemilu, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, dan rekapitulasi hasil suara.

Tahapan penyusunan daftar pemilih saat ini sampai pada tahap pengumuman DPS (Daftar Pemilih Sementara), DPS akan diumumkan di balai desa/kelurahan serta lokasi calon TPS/balai pedukuhan se Kabupaten Kulon Progo pada 18 Juni sampai dengan 1 Juli 2018. Dengan adanya pengumuman ini diharapkan masyarakat dapat memberikan tanggapan untuk perbaikan daftar pemilih ini, dengan cara memberi masukan ke PPS jika ada pemilih yang belum terdaftar, jika ada pemilih yang elemen data belum benar, dan jika pemilih yang bersangkutan sudah tidak memenuhi syarat sebagai pemilih dikarenakan meninggal, ganda, di bawah umur, pindah domisili, tidak dikenal, TNI, Polri, hilang ingatan, hak pilih dicabut, dan bukan penduduk setempat. Termasuk juga ketika ada pemilih yang pindah ke TPS lain.

Tahapan Pengumuman DPS ini perlu disosialisasikan supaya masyarakat luas dapat turut serta aktif dalam proses perbaikan data dalam DPS tersebut untuk menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang valid.

Muh isnaini dalam pertemuan itu menyampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk :

  • Meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap penyusunan daftar pemilih;
  • meningkatnya pengetahuan masyarakat terkait bagaimana memberikan masukan terhadap perbaikan data;
  • meningkatnya peran pemerintah, dalam hal ini kepala desa dan dukuh dalam berperan serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pengumuman DPS.

Kepedulian masyarakat umum terhadap pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) merupakan bagian yang penting dalam melakukan proses perbaikan daftar pemilih. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dari pihak pemerintah maupun dari pihak masyarakat bersama-sama mempunyai kepedulian untuk mendukung tingkat akurasi daftar pemilih.