KALIBAWANG Sosialisasikan Tahapan Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019

KALIBAWANG Sosialisasikan Tahapan Pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019

Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) 4 Desa, Banjararum, Banjarasri, Banjarharjo, Banjaroya terus berupaya melakukan sosialisasi tahapan pemilu 2019 dalam hal ini adalah tahapan pengumuman DPS. Sosialisasi dilakukan secara continue mengikuti tahapan-tahapan pada Pemilu 2019.

Selain mempublikasikan DPS di tempat-tempat strategis yaitu di papan pengumuman desa dan juga di pedukuhan calon Tempat Pemungutan Suara (TPS), kali ini sosialisasi dilakukan dengan memberikan informasi-informasi terkait DPS di sela-sela forum warga. Desa Banjararum dalam forum PKH pedukuhan Sayangan (29/6), Desa Banjarasri dalam forum Musdes (29/6), Desa Banjarharjo dalam forum Rakor desa (29/6), Desa Banjaroya dalam forum Kader desa (30/6) yang kesemuanya meliputi unsur-unsur penting baik perangkat desa ataupun masyarakat kalibawang pada umumnya.

“Sosialisasi dilakukan dengan cara ceramah singkat dilanjutkan sesi dialog yg memungkinkan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat menyampaikan tanggapannya terkait DPS,” ungkap Ketua Panitia Pemilu Kecamatan Kalibawang Sukaryanta, Jum’at (29/6)

Menurut Sukaryanta, kegiatan sosialisasi ini secara garis besar bertujuan memberikan informasi secara lebih dekat kepada masyarakat terkait tahapan-tahapan pemilu 2019.
“Kami juga menyampaikan tentang pentingnya partisipasi masyarakat untuk berperan aktif mensosialisasikan dan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 mendatang,” tegas Sukaryanta

Ditegaskan pula oleh Ketua PPS Desa Banjarasri Nugraha Eka Santosa, bahwa pencermatan DPS perlu dilakukan terutama bagi potensi pemilih pemula. ”Pendidikan Pemilih Pemula perlu dilakukan baik secara mandiri ataupun dalam forum dan dapat dimulai dari tatanan terendah yaitu keluarga,” tambah Eka.

Tahapan sosialisasi di Kalibawang ini, menurut Panitia Pemilu Kecamatan Kalibawang Devisi Sosialisasi Isfi Sholikhah, akan dilakukan pula di forum Disabilitas tingkat kecamatan Kalibawang yang rencananya diselenggarakan pada Sabtu 07 Juli 2019. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih penyandang disabilitas dalam Pemilu 2019.

(Dev. sosialisasi / Isfi)