SMK Negeri 1 Pengasih Gandeng KPU Kulon Progo Laksanakan Pendidikan Politik Lewat Pemilos

SMK Negeri 1 Pengasih Gandeng KPU Kulon Progo Laksanakan Pendidikan Politik Lewat Pemilos

 

 

Menjelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, ratusan siswa SMK N 1 Pengasih mempersiapkan diri dengan mengikuti pemilihan ketua Osis (Pemilos), Senin (13/08/2018). Para siswa yang kebanyakan pemilih pemula ini pun begitu antusias mengikuti kegiatan ini, alih-alih bersiap diri dan mengetahui situasi ketika waktu Pilpres dan Pileg tiba.

Selayaknya pemilihan presiden ataupun wakil rakyat yang sebenarnya, halaman sekolah disulap menjadi tempat pemungutan suara (TPS) lengkap dengan kotak suara, bilik pemilihan, papan rekap suara hingga poster calon ketua Osis yang akan dipilih. Para calon ketua Osis pun diberi kesempatan untuk melakukan orasi di hadapan ratusan siswa, menyampaikan visi dan misi mereka masing-masing.
“Ada enam kandidat calon ketua Osis. Semuanya kami beri kesempatan menyampaikan visi misi. Kegiatan ini merupakan bentuk edukasi kepada siswa agar tahu bagaimana pelaksanaan pemilihan,” ungkap Sulhan Fauzi, guru pembina Osis SMK N 1 Pengasih, Senin (13/08/2018).
Dalam helatan Pemilos kali ini, terdapat 950 siswa dan 100 guru yang memiliki hak pilih untuk memilih calon ketua Osis yang baru. Menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo, acara ini menjadi agenda rutin setiap tahun.
“Melalui kegiatan ini kami pihak sekolah berharap anak-anak paham tata cara pemilihan yang Luber Jurdil [langsung, umum, bebes, rahasia, jujur dan adil],” sambung Sulhan.
Salah seorang siswa, Mendi Alfitriyana mengaku lebih paham bagaimana proses pemilu setelah mengikuti kegiatan Pemilos. Ia yang baru akan menggunakan hak pilihnya pada tahun 2019 mendatang mengaku tak begitu paham proses pemilu sebelumnya.
“Ya jadi lebih paham. Ternyata prosesnya banyak. Awalnya bingung. Tapi sekarang lebih paham,” kata dia. (sorot kulonprogo)