KPU Kulon Progo Gelar Pendidikan Pemilih Bagi Kelompok Perempuan

KPU Kulon Progo Gelar Pendidikan Pemilih Bagi  Kelompok Perempuan

Wates, Bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Kulon Progo, Jl Wahid Hasyim Bendungan Wates,  Selasa (28/8/2018) diadakan pendidikan pemilih bagi kelompok wanita dengan mengundang dukuh perempuan se Kabupaten Kulon Progo. Para dukuh perempuan se Kulon Progo ini diundang sebagai publik figure yang langsung bersentuhan dengan warga terutama perempuan, sehingga ilmu yang didapat bias langsung ditularkan kepada warga di dusunnya .

Dalam sambutan pembukaan kegiatanKetua KPU Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini menyatakan tujuan diadakan kegiatan ini sesuai konsep sosialisasi KPU RI melaksanakan pendidikan pemilih berbasis keluarga untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepemiluan dan meningkatkan partisipasi pemilih pada segmen perempuan. Dalam beberapa kali penyelenggaraan Pemilu baik Pilkada maupun pemilu legislative dan Pilpres jumlah pemilih perempuan lebih banyak di tiap TPS yang menentukan siapa yang akan menjadi wakil kita pemilih perempuan lebih dominan, oleh karena itu pengetahuan tentang memilih itu para perempuan punya pengaruh yang lebih dominan.  Tambah Muh Isnaini.

Selaku Narasumber Tri Mulatsih Kadiv SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kulon Progo memperkenalkan RPP KPU Kabupaten KP kepada para dukuh yang hadir, disamping itu beliau menerangkan tentang tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019 yang sudah mulai berjalan sejak Tahun 2017, dan di Pemilu Serentak Tahun 2019, setiap pemilih dalam pemilu untuk kali pertama akan langsung mendapatkan 5 surat suara yakni surat suara Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Prov, DPRD Kabupaten.  Dijelaskan pula dalam recruitmen penyelenggara pemilu hingga tingkat KPPS  di undang-undang pemilu terbaru berlaku pembatasan periodisasi.

Sementara itu Marwanto Kadiv Perencanaan dan Program data KPU  Kulon Progo menerangkan tentang tahapan pendataan data pemilih, dimana KPU KP sudah menetapkan Daftar PemilihTetap (DPT) pada tanggal 20 Agustus 2018, untuk kemudian ditetapkan di tingkat Prov DIY Rabu, 29 Agustus 2018