KPU Kulon Progo Tetapkan 402 Nama Daftar Calon Tetap (DCT) PEMILU 2019

KPU Kulon Progo Tetapkan 402 Nama Daftar Calon Tetap (DCT) PEMILU 2019

 

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 sebanyak 402 orang dalam Rapat Pleno, Kamis (20/09/2018) sore, di aula Hotel King’s. Rapat Pleno yang dipimpin Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaini dihadiri Komisioner, Forkompimda, Partai Politik, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Dikatakan Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaini mengatakan, dengan ditetapkan DCT sebanyak 402 caleg dari 15 parpol, yang terdiri 225 laki-laki dan 177 perempuan, maka sudah tidak bisa diubah lagi. “Sebenarnya DCT 403 namun satu orang meninggal dunia, dan partai tidak mengganti dengan calon yang lain. DCT ini sebelum ditetapkan, telah dimintakan persetujuan partai politik pada 19 September,” ujar Isnaini.
Isnaini menjelaskan, proses menuju DCT melalui beberapa tahapan. Dari setelah dilakukan perbaikan yang diajukan oleh parpol sebanyak 417 orang. Setelah diverifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat ditetapkan sebagai DCS sebanyak 397 orang pada 12 Agustus. Sebanyak 20 nama tidak masuk dalam DCS karena ada beberapa yang tidak memenuhi syarat. “Dari sengketa yang diajukan ke Bawaslu, akhirnya ajudikasi meloloskan 6 calon yang diterima sengketanya dan dimasukkan DCS,” ujarnya.
Sebelum menjadi DCT, dari DCS yang sudah ditetapkan ada nama yang statusnya bersyarat karena harus menyerahkan SK pemberhentian dari instasi dan pada 19 September dari nama-nama itu sudah memenuhi kewajibannya menyerahkan SK tersebut. Yakni tiga kades dan satu perangkat desa. “Semua sudah memenuhi syarat, karena mereka sudah menyerahkan SK pemberhentian dari jabatannya,” tandas Isnaini