KPU Kulon Progo Serahkan Alat Peraga Kampanye Kepada Peserta Pemilu 2019

KPU Kulon Progo Serahkan Alat Peraga Kampanye Kepada Peserta Pemilu  2019

 

Pada hari Jumat (2/11/2018) berlangsung Rapat bertempat di Rumah Pintar Pemilu KPU Kabupaten Kulon Progo membahas tentang penyampaian alat peraga kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden, DPD dan DPRD Kabupaten Kulon Progo di buka dan di isi oleh Ketua KPU Kab. Kulon Progo Ibu Ibah Muthiah, Dalam Rapat tersebut disampaikan bahwa Pemasangan alat peraga kampanye dimulai sejak 23 september 2018 sampai dengan 13 april 2019. Dalam hal Pemasangan alat peraga kampanye harus sesuai zona lokasi yang telah di tentukan.
Saat ini Ada beberapa parpol dalam pemasangan alat peraga kampanye tidak sesuai peraturan, misalnya terpasang dengan tali dan terikat pada tiang reklame, terpasang dengan tali dan terikat pada pohon, kebanyakan pelanggaran dalam pemasangannya tidak berdiri sendiri. KPU Kabupaten Kulon Progo akan menyampaikan temuan pelanggaran ke peserta pemilu dan meminta peserta pemilu untuk melakukan penertiban. Setiap Peserta pemilu agar menertibkan alat peraga kampanye dalam waktu 1×24 jam. Apabila dalam waktu 1×24 jam alat peraga kampanye yang melanggar tidak ditertibkan maka bawaslu bersama satpol PP akan melakukan penertiban alat peraga kampanye.
Semua Perawatan, pemeliharaan, pembersihan, dan penurunan APK menjadi tanggung jawab peserta pemilu. Apabila terjadi kerusakan pada alat peraga kampanye yang telah diserahkan, peserta pemilu dapat melakukan penggantian pada APK yang rusak dengan jenis, spesifikasi, dan lokasi yang sama.
Alat peraga kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden terdiri dari baliho ukuran 4m x 6m berbahan flexi 340 gram berjumlah 10 buah dan spanduk ukuran 5m x 1,1m berbahan flexi 340 gram berjumlah 16 buah. Sementara Alat peraga kampanye Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terdiri dari spanduk ukuran 5m x 1,1m berbahan flexi 340 gram berjumlah 10 buah. Sedangkan Alat peraga kampanye Dewan Perwaklian Rakyat Daerah (DPRD) terdiri dari baliho ukuran 4m x 6m berbahan flexi 340 gram berjumlah 10 buah dan spanduk ukuran 5m x 1,1m berbahan flexi 340 gram berjumlah 16 buah.