Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tahap 2 (DPTHP2) Kabupaten Kulon Progo Naik 2084 Pemilih

Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Tahap 2 (DPTHP2) Kabupaten Kulon Progo Naik 2084 Pemilih

 

 

 

Pada tanggal 12 Nopember 2018, Komisioner KPU Kabupaten Kulon Progo yang terdiri dari Ibah Muthiah sebagai Ketua, Yayan Mulyana, Hidayatut Thoyyibah, Tri Mulatsih dan Muryono Pujo Roso Satuhu memimpin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dan  penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan 2 (DPTHP). Rapat Pleno yang menghadirkan peserta Pemilu, perwakilan Masyarakat, Pemerintah, penyelenggara Pemilu Bawaslu Kabupaten Dan Bawaslu DIY dan KPU DIY dan tuan rumah KPU Kabupaten Kulonprogo ini dibuka oleh ketua KPU Kab. Kulonprogo Ibah Muthiah.

 

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP 2 ini merupakan  tindak lanjut dari Hasil Rekapitulasi DPTHP 1 di Jakarta pada tanggal 16 September 2018. Atas masukan dari Bawaslu dan Partai Politik, KPU memeirintahkan jajarannya untuk melakukan pencermatan data selama 60 hari. Beberapa data yang menjadi bahan pencermatan adalah ; pertama, Data ganda hasil pencermatan Bawaslu dan Parpol; kedua, Data DP4 non DPT Semester I Tahun 2018; ketiga, Data invalid/elemen data salah dan keempat, data hasil Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

 

Oleh karena itu, Rapat Pleno Rekapitulasi Dan penetapan DPTHP 2, menyampaikan data pemilih Baru, pemilih Tidak Memenuhi syarat, Pemilih dengan perubahan data dan menyampaikan data pemilih non KTP electronic. Rapat Pleno juga menyuguhkan data total pemilih tetap Kulonprogo hasil Rekapitulasi DPTHP 2 sebanyak 335,578 pemilih. Sementara itu jumlah pemilih baru sebanyak 3.589 pemilih, Pemilih yang di coret karena Tidak Memenuhi Syarat sebanyak 1.505 Pemilih. Jika dibandingkan dengan data  DPT HP 1 sebanyak 333.494 pemilih, dalam DPTHP 2 diketahui pemilih Kabupaten Kulonprogo mengalami kenaikan sebanyak 2.084 yang tersebar di 1258 TPS.

 

Dalam sambutannya Yayan Mulyana, anggota KPU Kabupaten Kulonprogo yang membidangi pemutahiran data menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja PPS dan PPK dalam penyempurnaan data selama 60 hari sebagaimana diintruksikan oleh KPU.  Juga menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu disemua tingkatan atas kerjasamanya dalam proses pemutakhiran data.

 

Setelah pembacaan Berita Acara dan penutupan, Rapat Pleno Terbuka dilanjut kan dengan penyerahan salinan Berita Acara  (BA) Hasil Rekapitulasi Dan penetapan DPTHP 2 KPU Kab Kulonprogo kepada KPU DIY, Bawaslu Kabupaten, peserta Pemilu, Dan pemerintah. (Ida-Tri)