Persiapan Pendataan Daftar Pemilih Tambahan di Proyek Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA)

Persiapan Pendataan Daftar Pemilih Tambahan di Proyek    Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA)

Hari Kamis tanggal 20 Desember 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo beserta beberapa pihak terkait melakukan kunjungan ke Kantor PT PP KSO yang terletak di Desa Palihan, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, didampingi satu anggota, Sekretaris dan Kasubag Hukum KPU Kabupaten Kulon Progo bersama Ketua Bawaslu, Kodim, TNI Angkatan Laut, BIN, Pol PP serta Polres Kabupaten Kulon Progo melakukan pertemuan guna melakukan persiapan pendataan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) bagi pekerja proyek NYIA untuk Pemilu 2019 mendatang dengan pihak PP KSO selaku mitra pembangunan dan pengelolaan infrastruktur NYIA. Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan tanggal 26 November 2018 lalu yang berlangsung di KPU Kabupaten Kulon Progo.

Pihak KPU ingin mengetahui jumlah pekerja yang berasal dari luar Kabupaten Kulon Progo agar dapat memetakan daftar pemilih tambahan pada saat Pemilu 2019 per TPS. Nanang Budianto selaku Humas PP KSO mengatakan bahwa jumlah pekerja diperkirakan mencapai 6.000-an orang dengan masa kontrak yang bermacam-macam tergantung seberapa lama proyek setiap bagian diselesaikan, bahkan terdapat kontrak yang kurang dari satu bulan. Jumlah pekerja tersebut masih sulit untuk dideteksi angka pastinya karena para pekerja sering berganti proyek bagian tertentu dengan cepat.

Selain berkaitan dengan jumlah surat suara yang digunakan, KPU Kabupaten Kulon Progo juga mengkhawatirkan jika jumlah pekerja dari luar kabupaten banyak maka akan berpengaruh pada TPS, mengingat daya tampung di Kecamatan Temon kurang lebih 3.183 pemilih DPTb dengan asusmsi per TPS 300 pemilih. Anggota KPU kabupaten Kulon Progo juga menambahkan bahwa TPS yang digunakan oleh pekerja proyek dari luar kabupaten untuk menggunakan hak pilihnya adalah di TPS terdekat dari PP KSO.

DPTb akan difasilitasi oleh KPU sampai dengan 30 hari sebelum Pemilihan, sehingga dengan demikian KPU membutuhkan data para pekerja proyek ini by name. Pendataan semacam ini menurut Sekretaris KPU Kabupaten Kulon Progo, merupakan langkah awal untuk melindungi hak pilih bagi para pekerja proyek tersebut. (-P)