Pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Tambahan Kabupaten Kulon Progo

Pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Tambahan Kabupaten Kulon Progo

Pada tanggal 2 Januari 2019, serentak secara Nasional dilakukan Pelatikan Anggota PPK. Di Kabupaten Kulon Progo pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pasca putusan Mahkamah Konstitusi nomor 31/PUU-XVI/2018 terkait jumlah Anggota PPK pada Pemilu 2019 berjumlah 5 orang, dilakukan di Gedung Kaca.

Anggota PPK yang dilantik sebanyak 24 orang masing-masing dua orang dari setiap Kecamatan. Pada saat yang sama, Anggota PPS yang menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) karena terjadi pengunduran diri juga dilantik. Anggota PPS yang dilantik berjumlah 10 orang.

Acara pelantikan Badan Adhoc KPU dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat dari 12 Kecamatan di seluruh Kulon Progo.

Selain dihadiri Pemerintah Daerah, acara pelantikan juga dihadiri oleh Anggota KPU DIY dan Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo. Dalam sambutannya, Anggota KPU DIY Ahmed Sidqi menyampaikan pesan bagai semua penyelenggara Pemilu agar menjaga netralitas, karena tahapan Pemilu 2019 sudah separuh jalan, maka anggota PPK dan PPS harus berlari untuk menyamakan langkah dengan anggota badan adhoc lainnya sekaligus memahami tugas pokok dan fungsinya dalam pelaksanaan tahapan pemilu 2019. Dalam pelaksanaan tugas menjalankan tahapan Pemilu, Ahmed Sidqi juga meminta bantuan kepada Camat dan juga Bupati Kulon Progo untuk memberikan bantuan kepada penyelenggara Pemilu. Secara khusus Ahmed Sidqi juga menggarisbawahi adanya ribuan pekerja pendatang yang disebabkan oleh adanya proyek-proyek besar di Kulon Progo seperti pembangunan NYIA untuk diperhatikan agar mereka tidak kehilangan hak pilihnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Kulon Progo mengucapkan selamat, sekaligus memberikan penghargaan kepada anggota PPK dan PPS yang baru saja dilantik. Bupati juga mengingatkan, independensi dan imparsialitas anggota Badan Adhoc bukan berarti tidak memilih. Karena bagaimanapun penyelenggara pemilu adalah contoh bagi masyarakat dalam meningkatkan partisipasi warga dalam memilih.

Acara pelantikan juga diikuti dengan orientasi tugas untuk seluruh anggota PPK tambahan dan anggota PPS baru. (Ida 02012019)

dowload data nama PPK dan PPS tambahan disini